portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Siapkan Lahan 48 Hektar, Asrul Sani Rencanakan Program Budidaya Pisang-Cabai di Palopo, dengan Penekanan dari Pj Gubernur Bahtiar pada Konsep Homogen.

Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, mengunjungi lokasi penanaman pisang di Kelurahan Peta, Kecamatan Sendana, Kota Palopo pada hari Minggu, 5 November 2023.

Bahtiar Baharuddin menyampaikan bahwa masyarakat Palopo adalah petani yang hebat. Mereka menanam berbagai jenis tanaman seperti duren, cabai, pisang cavendish, dan pepaya California.

Di lokasi tersebut, Bahtiar bertemu dengan para petani, salah satunya bernama Komang yang menanam cabe. Ia kembali mengimbau masyarakat agar menanam minimal sepuluh pohon cabe.

“Masyarakat Indonesia menganggap pisang dan pepaya sebagai buah yang nomor satu. Jadi mereka tahu selera masyarakat kita. Saya rasa jika budidaya pepaya dapat dikembangkan, itu akan baik,” ujar Bahtiar.

Bahtiar juga mengungkapkan bahwa masih terdapat 2 juta hektar lahan kosong di Sulawesi Selatan. “Ada banyak lahan yang tidak produktif karena tidak menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat kita. Jika lahan ini ditanami dengan berbagai tanaman, pasti akan memberikan manfaat. Apapun yang ingin ditanam, seperti cabe, alpukat, itu terserah,” jelasnya.

Selain itu, Bahtiar menekankan bahwa masyarakat tidak sebaiknya menggunakan konsep Indomaret atau Alfamart dalam bertani. Ia mengimbau untuk menggunakan konsep terpusat.

“Konsep Indomaret atau Alfamart tidak cocok digunakan dalam pertanian. Jangan menanam semua tanaman dalam satu tempat karena setiap tanaman membawa hama yang berbeda-beda,” ungkap Bahtiar.

Menurut Bahtiar, menggunakan konsep Indomaret/Alfamart atau menanam banyak tanaman dalam satu lahan bisa saling mendukung namun juga bisa menjadi hambatan.