portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Anies Baswedan Menjadi Satu-satunya Capres yang Berorasi di Monas Mendukung Palestina dengan Hadirnya Sekitar 2 Juta Warga

Aksi solidaritas untuk Palestina di Monas diperkirakan dihadiri oleh sekitar 2 juta orang pada Minggu (5/11/2023) pagi. Aksi ini sebagai bentuk dukungan terhadap rakyat Palestina yang saat ini menjadi korban dari genosida yang dilakukan oleh Israel.

Yang menarik, satu-satunya Calon Presiden (Capres) yang hadir langsung dan memberikan pidato adalah Anies Baswedan. Padahal, panitia juga telah mengundang dua calon presiden lainnya, yaitu Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, untuk hadir dan memberikan pidato.

Ismail Fahmi, pendiri Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, yang hadir langsung di lokasi, mengungkapkan hal tersebut. Melalui akun Twitter-nya @ismailfahmi pada Minggu (5/11/2023), ia menulis, “Pidato dari para calon presiden dan calon wakil presiden ini sangat dinantikan. Semua sudah diundang khusus oleh panitia aksi. Namun, karena berbagai alasan, tidak semua dapat hadir.”

“Satu-satunya calon presiden yang hadir adalah @aniesbaswedan. Ini pidatonya. Dia menyampaikan pesan kepada dunia bahwa kita berkumpul di sini bukan untuk kepentingan kita sendiri, tetapi sebagai pesan perdamaian dan kemerdekaan untuk Palestina. Free… free… Palestine,” tambah Ismail Fahmi.

Selain Anies Baswedan, sejumlah tokoh nasional juga hadir dalam aksi tersebut. Di antaranya adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Ketua DPR Puan Maharani, dan tokoh lainnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina, Zaitun Rasmin, menyatakan bahwa mereka telah secara khusus mengundang para calon presiden dan calon wakil presiden untuk menghadiri acara tersebut.