portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Anies Baswedan Mengajak Semua untuk Mendorong Pembukaan Blokade Gaza dan Memungkinkan Bantuan Masuk

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Anies Baswedan menekankan agar blokade di Gaza dibuka agar bantuan kemanusiaan dapat masuk ke Palestina. Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menuntut agar dilakukan gencatan senjata dan meminta pertanggungjawaban dari Israel.

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu calon presiden ini dalam pidatonya dalam Aksi Bela Palestina, yang diselenggarakan di Monumen Nasional (Monas) pada hari Minggu pagi (5/11/2023).

Anies Baswedan menyampaikan pesan solidaritas dan dukungan kepada rakyat Palestina yang sedang menderita dengan sangat menyakitkan.

“Saudara-saudara sekalian, kita semua mendesak agar blokade di Gaza dibuka, biarkan bantuan masuk. Biarkan rakyat di Gaza mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan yang tak kalah penting mari kita semua melakukan blokade diplomasi terhadap Israel, menuntut gencatan senjata, dan meminta pertanggungjawaban dari mereka,” tegasnya.

Anies menegaskan bahwa yang hadir dalam Aksi Bela Palestina bukanlah untuk kepentingan pribadi, melainkan untuk mengirimkan pesan kepada seluruh dunia bahwa Indonesia, sebagai negara paling timur, mengirimkan semangat pembebasan Palestina.

“Saudara-saudara sekalian, kita mengirimkan pesan ini bukan untuk kita, kita ingin dunia mendengar dari tanah Indonesia bahwa kita menolak penjajahan,” tegas Anies Baswedan.

“Hari ini, di bawah terik matahari kita berkumpul di Medan Merdeka, di bawah terik matahari kita merasakan Gaza yang merintih selama 30 hari, penderitaan yang dirasakan oleh keluarga-keluarga di sana, tangisan mereka terdengar hingga jauh dari rumah kita. Kita menyaksikan ibu-ibu yang terpaksa harus menguburkan anak-anak mereka,” ungkap mantan Gubernur DKI ini.