portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Maruli Simanjuntak Merupakan Calon KSAD yang Paling Unggul

Tiga Calon KSAD pengganti Jenderal Agus Subiyanto terus muncul. Letjen Maruli Simanjuntak adalah kandidat paling kuat, diikuti oleh Letjen Suharyanto dan Letjen I Nyoman Cantiasa.

Diketahui Jenderal Agus Subiyanto diprediksi akan menjadi Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono yang akan pensiun.

Komisi I DPR RI mengungkapkan bahwa ada tiga nama yang dianggap kuat sebagai calon KSAD. Ketiga nama tersebut adalah Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak, Kepala BNPB Letjen Suharyanto, dan Koorsahli KSAD Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.

“Ada beberapa nama. Pak Maruli salah satu yang kuat. Ada Pak Suharyanto Kepala BNPB, dan Pak Nyoman Cantiasa,” kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid kepada wartawan di gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Meutya mengatakan bahwa kemungkinan ada nama-nama lain yang akan masuk sebagai calon KSAD pengganti Jenderal Agus. Pengangkatan KSAD akan dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Diketahui bahwa Jenderal Agus Subiyanto akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon Panglima TNI di DPR.

Fit and proper test terhadap Agus akan dilakukan oleh Komisi I DPR yang bertanggung jawab di bidang pertahanan.

Profil Maruli Simanjuntak

Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak masuk sebagai calon KSAD. Maruli lahir pada 27 Februari 1970. Maruli merupakan lulusan Akademi Militer pada tahun 1992.

Dia memiliki pengalaman di bidang Infanteri Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra.

Maruli Simanjuntak pernah menjabat sebagai Danpaspampres saat Presiden Jokowi menjabat. Maruli adalah menantu dari Menko Marinvest Luhut Binsar Panjaitan. (sumber: pojoksatu)

Exit mobile version