portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Bantuan Seberat 51,5 Ton dari Jokowi untuk Gaza Palestina, Berikut Detailnya

Indonesia mengirimkan bantuan untuk rakyat Palestina. Ada tiga pesawat yang membawa barang-barang logistik sesuai dengan kebutuhan rakyat di Gaza menuju Bandara El Arish di Mesir.

Dari Mesir, bantuan sebanyak 51,5 ton tersebut kemudian diteruskan dan disalurkan ke Gaza.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melepas secara langsung pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Pangkalan TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu (04/11/2023).

“Alhamdulillah, pada pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju Bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza,” ujar Presiden.

Presiden mengatakan bahwa pengiriman bantuan tahap pertama yang akan dibawa menggunakan tiga pesawat ini berisi bantuan seberat 51,5 ton.

Bantuan tersebut terdiri dari bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya, yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza.

Bantuan tahap pertama ini merupakan hasil dari sumbangan berbagai pihak, baik dari pemerintah, masyarakat, hingga dunia usaha. Pemerintah juga sedang mempersiapkan bantuan selanjutnya.

“Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah, tetapi juga dari masyarakat dan dunia usaha, yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. Ada yang berasal dari Baznas, IHA, PMI, Kitabisa, dan juga dari pemerintah, TNI, dan Polri. Kami harapkan akan semakin banyak bantuan dari masyarakat dan dunia usaha,” ujar Presiden.

Presiden juga mengatakan bahwa pengiriman bantuan tahap selanjutnya untuk Palestina juga sedang dalam proses persiapan.

Exit mobile version