portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Mentan Amran Mendorong Kader ICMI untuk Mewujudkan Swasembada Pertanian

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengajak para kader Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) untuk mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan.

Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan lahan pertanian yang belum tergarap. Mentan menjelaskan contoh dari lahan rawa yang siap digarap, yang saat ini mencapai 10 juta hektar dan tersebar di seluruh Indonesia.

Menurut Amran, jika lahan rawa tanah mineral seluas 10 juta hektar itu digarap secara optimal, maka dapat memberikan dampak besar terhadap produksi nasional.

Mentan juga merasa yakin bahwa swasembada beras dapat dicapai secara cepat jika lahan rawa diberikan perhatian oleh semua pihak.

“Saya mengajak ICMI karena sektor pertanian ini dapat membuat Indonesia menguasai dunia. Ingat, kita ini seharusnya menjadi lumbung pangan bagi negara lain, dan lahan seluas 10 juta hektar ini bisa kita siapkan untuk generasi kita di masa mendatang,” ujar Mentan dalam acara National Leadership Camp ICMI yang diselenggarakan di Makassar pada hari Jumat, 3 November 2023.

Mentan menjelaskan bahwa saatnya bagi Indonesia untuk mengubah keadaan dari menjadi importir beras dan beberapa komoditas menjadi negara eksportir pangan dunia.

Menurutnya, saatnya bagi kita untuk meningkatkan produksi nasional melalui penyediaan benih, pupuk, alsintan, serta memperkuat kerjasama dan kolaborasi dengan semua pihak.

“Saat ini kita masih mengimpor 3,5 juta ton beras, dan ini angka yang sangat besar. Oleh karena itu, kita harus bekerja keras untuk meningkatkan produksi beras dalam negeri. Bagaimanapun juga, kita harus mampu mengekspor pangan, terutama untuk kemanusiaan,” katanya.

Exit mobile version