portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Ma’ruf Amin Mendorong Peran Aktif Ulama dalam Menciptakan Suasana Politik yang Tenang

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta para ulama terus berperan aktif menyejukkan suasana politik menjelang Pemilu Serentak 2024.

Hal tersebut disampaikan Wapres ketika menerima jajaran pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta, Jumat, seperti yang diungkapkan oleh Juru bicara Wapres Masduki Baidlowi.

“Wapres berharap agar para tokoh ulama dan semua pihak terlibat aktif dalam menenangkan suasana politik, terutama jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Masduki dalam keterangannya setelah mendampingi Wapres pada pertemuan tersebut.

Masduki juga mencontohkan salah satu hal yang menjadi perhatian Wapres, yaitu berbagai perdebatan di dunia maya yang sering kali meresahkan.

“Contohnya di media sosial, banyak perdebatan yang terjadi dan terkesan bahwa silaturahmi tidak lebih penting daripada pilihan politik praktis yang bersifat jangka pendek,” tuturnya.

Masduki mengungkapkan bahwa menjelang pemilu 2024, Wapres juga berharap para pimpinan MUI tetap menjaga netralitas lembaga tersebut, selain dari pilihan politik individu.

“Wapres berharap agar para pimpinan MUI sebagai institusi tetap bersikap netral. Jika ada yang terkait dengan hak politik individu, silakan bersikap politik,” ucapnya.

Masduki menekankan bahwa menjelang pemilu, potensi perpecahan di tengah masyarakat akan semakin meningkat.

Pada pertemuan tersebut, juga dibahas mengenai rencana Rapat Paripurna MUI yang akan segera digelar dengan agenda pengesahan Kiai Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI.