portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

ICMI Mencatat Pembangunan di Indonesia Timur Lambat, Mengajak Prabowo, Anies, dan Ganjar Bersatu di Satu Panggung

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Tiga bakal calon presiden (bacapres) akan tampil bersama di Kota Makassar. Para cendekiawan ingin mendengar gagasan mereka terkait pembangunan di KTI.

Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto telah menyatakan kesiapannya untuk hadir di Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) pada tanggal 2-5 November. Silaknas ini akan diselenggarakan di Kota Makassar. Panitia juga masih menunggu konfirmasi kesiapan Anies Rasyid Baswedan.

Ketua Majelis Pengurus Wilayah (MPW) ICMI Orwil Sulsel, Prof Arismunandar menjelaskan bahwa kondisi dunia saat ini tidak baik. Hal ini dipicu oleh berbagai faktor, termasuk geopolitik global. Terjadi peningkatan ketegangan di beberapa negara.

Menurutnya, konflik global ini berdampak pada situasi dalam negeri. ICMI ingin mengetahui gagasan para bacapres terkait situasi global tersebut. Dunia dihadapkan pada ancaman resesi global. “Nah ini akan dibahas oleh beberapa tokoh,” katanya pada Rabu, 1 Oktober.

Selain itu, para cendekiawan ingin mendengar gagasan para bacapres terkait pembangunan kawasan timur Indonesia (KTI). Selama ini, pembangunan di KTI tidak sebesar yang dilakukan di wilayah Jawa dan Sumatera. “Padahal KTI memiliki sumber daya alam yang melimpah, ada tambang, serta potensi maritim yang sangat strategis tapi belum berkembang dengan baik,” ujar mantan Rektor UNM tersebut.

Menurutnya, ICMI ingin KTI mendapatkan perhatian yang layak. “Jarang sekali kita mendapatkan pembangunan yang signifikan di KTI. Saya tidak tahu apa penyebabnya, mungkin karena pemilih kita yang jumlahnya sedikit sehingga tidak diperhitungkan,” tegasnya.

Exit mobile version