portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Presiden Jokowi Berharap Bangun Rumah Sakit di IKN Nusantara untuk Membantu Warga dalam Berobat tanpa Harus ke Luar Negeri

Pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN Nusantara) terus maju. Salah satu fasilitas publik yang sedang dibangun adalah rumah sakit. Pada 1 November 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking pembangunan dua rumah sakit di IKN Nusantara, salah satunya adalah Rumah Sakit Mayapada Hospital.

Jokowi menyebutkan bahwa Mayapada Hospital akan menjadi rumah sakit kedua yang dibangun di Ibu Kota Nusantara. Selain itu, ia juga mengungkapkan kekhawatirannya mengenai banyaknya masyarakat Indonesia yang memilih berobat ke luar negeri. Ia berharap dengan adanya fasilitas kesehatan yang berkualitas di IKN, masyarakat tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke luar negeri, karena data menunjukkan bahwa hampir 2 juta orang Indonesia pergi ke luar negeri untuk berobat.

Jokowi juga menyayangkan banyaknya uang yang keluar dari Indonesia karena masyarakat memilih berobat di luar negeri. Dalam setiap tahunnya, diperkirakan lebih dari seratus triliun rupiah uang masyarakat Indonesia digunakan untuk berobat di luar negeri. Oleh karena itu, pembangunan rumah sakit di IKN Nusantara diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat.

Sebelumnya, Jokowi juga menyatakan optimisme terhadap Mayapada Hospital karena rumah sakit ini bekerja sama dengan Apollo Hospital di India.