portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Partai Gelora Bergabung dengan Pendukung Prabowo-Gibran, Ferdinand Hutahean Singgung Peran Neno Warisman sebagai Anggota Ormas yang Dibubarkan Jokowi

Neno Warisman secara resmi bergabung dengan Partai Gelora setelah meninggalkan Partai Ummah sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro. Partai Gelora, atau Gelombang Rakyat, sendiri merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming dalam Pilpres 2024.

Perubahan ini disambut dengan ucapan selamat dari kader PDIP, Ferdinand Hutahean, yang memberikan ucapan selamat kepada Gibran. Ferdinand mengungkapkan, “Selamat ya Mas @gibran_tweet atas dukungan baru dari Mba Neno Warisman” dalam unggahannya di X, Senin (30/10/2023).

Ferdinand menyebutkan bahwa Neno, yang merupakan seorang aktris, sebelumnya adalah simpatisan dari suatu Organisasi Masyarakat (Ormas). Namun Ormas tersebut telah dibubarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Ferdinand tidak menjelaskan secara rinci ormas mana yang dimaksud. Namun, dilihat dari kiprahnya, Neno aktif terlibat dalam gerakan #2019gantipresiden sejak tahun 2019. Neno bahkan merupakan salah satu deklarator gerakan tersebut dan disebut-sebut sebagai donatur dalam gerakan tersebut.

Selain itu, Neno juga pernah diketahui akrab dengan pimpinan Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab.