portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Risma sebagai Menteri Sosial: Dana Pembangunan Gedung Dialihkan untuk Kesejahteraan Disabilitas

Menteri Sosial Tri Rismaharini membuka Pertemuan Ilmiah Hari Penglihatan Sedunia di Hotel Claro Makassar pada tanggal 28 Oktober 2023. Hari Penglihatan Sedunia diperingati setiap tanggal 9 Oktober sebagai pengingat akan pentingnya mencegah kebutaan mata dan masalah kesehatan mata lainnya.

Dalam pidatonya, Tri Rismaharini menyatakan bahwa pemerintah fokus pada masalah disabilitas. Dia menyebut bahwa uang yang seharusnya digunakan untuk membangun gedung, akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan teman-teman disabilitas.

Tri Rismaharini juga mengungkapkan bahwa dia telah menjadi pembicara di Jenewa, Swiss, dan memperkenalkan program tongkat cerdas untuk tunanetra. Tongkat cerdas ini dapat memberikan informasi kepada tunanetra mengenai ancaman di sekitarnya, seperti banjir dan kebakaran. Tongkat ini dapat memberikan sinyal bergetar atau berbunyi ketika ada hal-hal berbahaya. Tongkat ini juga dirancang agar dapat mengeluarkan suara ketika tunanetra tersesat agar mereka dapat menemukan posisi mereka. Tongkat ini juga tidak perlu dicas.

Tri Rismaharini menyebut bahwa banyak yang tertarik dengan tongkat cerdas ini di Jenewa, tetapi saat ini diprioritaskan untuk masyarakat Indonesia, terutama anak-anak.