portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Bangsa Indonesia Membutuhkan Cendekiawan, Pemimpin, dan Entrepreneur Terbaik Menurut Jusuf Kalla

FAJAR.CO.ID – Bangsa ini adalah bangsa yang besar dengan jumlah penduduk 270 juta dan tentu membutuhkan tokoh-tokoh cendekiawan, pemimpin, dan entrepreneur yang baik. Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Wakaf Paramadina, Dr. (HC) Drs. H.M. Jusuf Kalla.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam sambutannya pada Wisuda Sarjana dan Magister ke-39 Universitas Paramadina di Gedung Smesco, Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

“Kita membutuhkan pimpinan, tokoh, pengusaha hebat, dan para pengabdi masyarakat, ilmuwan, serta saintis yang dapat membantu bangsa ini menjadi yang terbaik. Tanpa semua itu, bangsa kita tidak bisa maju,” paparnya.

JK menambahkan bahwa untuk mencapai bangsa yang maju, diperlukan kemampuan dalam menciptakan sesuatu, yang mana hal itu didukung oleh ilmu dan teknologi. “Jadi, artinya Anda menyelesaikan pendidikan dengan tujuan memperoleh ilmu dan teknologi untuk membangun dan memajukan bangsa ini,” katanya.

JK juga menekankan pentingnya peran entrepreneur. “Salah satu hal yang penting adalah enterpreneur, kekurangan kita sebagai bangsa Indonesia adalah kurangnya pengusaha yang hebat dan maju. Baik itu pengusaha pemula, menengah, maupun besar, semuanya adalah harapan kita. Kita bisa mengambil contoh dari Rasulullah, yang sejak awal menjadi pedagang pengusaha yang maju,” ungkapnya.

Menurut Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 ini, bangsa kita tengah mengalami masa-masa yang sangat penting. Oleh karena itu, tanpa kemajuan teknologi dan kecerdasan yang diperoleh dari Universitas, kita akan tertinggal dibandingkan negara lain.