portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Prabowo Resmi Memilih Gibran Bin Jokowi Sebagai Calon Wakil Presidennya

Ketua Umum (Ketum) Gerindra sekaligus calon presiden (capres) Prabowo Subianto telah memutuskan calon Wakil Presiden (cawapres) yang akan mendampinginya dalam pemilihan presiden. Prabowo mengumumkan bahwa Gibran Rakabuming Raka akan menjadi cawapresnya.

“Kita telah melakukan kesepakatan final secara konsensus untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk periode 2024-2029 dan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju,” ujar Prabowo di rumahnya, Jakarta Selatan, pada hari Minggu (22/10/2023).

Prabowo menegaskan bahwa tidak ada pertanyaan lagi mengenai keputusan tersebut. Dia juga menyatakan bahwa keputusan tersebut merupakan kesepakatan dari partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju.

“Tidak perlu ada lagi pertanyaan mengenai ini, ini adalah keputusan yang bulat dan merupakan hasil konsensus. Kita siap maju untuk Indonesia Maju,” kata Prabowo.

Para ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) berkumpul di rumah calon presiden Prabowo Subianto malam itu. Mereka mengadakan rapat finalisasi terkait calon wakil presiden.

Dalam beberapa waktu terakhir, Gibran bertemu dengan para ketua umum partai politik yang mendukung Prabowo. Gibran bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kediaman mereka masing-masing. Gibran juga bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto saat Rapat Pimpinan Nasional Golkar. (Erfyansyah/fajar)