portaldetik.info informasi berita umum, harian, terkini, dan terupdate
Berita  

Prabowo Mengungkapkan Kesepakatan Delapan Partai Politik untuk Mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wakil Presiden

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Bakal calon presiden (Bacapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto secara resmi mengumumkan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presidennya.

Pengumuman ini dilakukan setelah semua ketua umum partai politik KIM mengadakan pertemuan di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, pada Minggu (22/10/2023).

“Baru saja Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari delapan partai politik, dengan kehadiran ketua umum dan sekretaris jenderal masing-masing, telah melakukan pembicaraan final dan mencapai kesepakatan untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden,” ujar Prabowo.

Sebelumnya, dalam rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Golkar, mereka secara resmi mengumumkan dukungan mereka kepada Gibran sebagai calon wakil presiden Prabowo Subianto melalui rapat yang diadakan pada Sabtu (21/10/2023) kemarin.

“Berdasarkan hasil pertemuan dengan ketua DPD tadi malam, semua sepakat untuk mengusulkan dan mendukung Mas Gibran agar menjadi pasangan Pak Prabowo sebagai calon presiden RI,” kata Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Sabtu.

Setelah secara resmi diusung, Gibran menyatakan akan mengkoordinasikan hasil pertemuan pleno pertama dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Partai Golkar dengan Prabowo.

“Kami akan mengkoordinasikan langkah selanjutnya, dan akan melakukan tindaklanjut bersama dengan Pak Prabowo,” kata Gibran di Kantor Pusat Partai Golkar, Palmerah, Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023).